HOT NEWS : MENTERI ANIES ENGGAN ANGKAT CALON PNS GURU

Assalamu'alaikum ! Selamat malam rekan-rekan. Salam sejahtera untuk kita semua. Semoga kita semua mendapatkan kesuksesan. Kali ini kami akan berbagi informasi menarik untuk Anda simak, dimana Menteri Anies enggan untk mengangkat guru PNS sembarangan.

Pemerintah akan meningkatkan standar rekrutmen guru Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pasalnya, rekrutmen PNS di bidang keguruan tidak bisa dilakukan secara sembarangan.
 

Hal itu dikatakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan di Jakarta, kemarin. Menurut dia, rekrutmen guru PNS tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

"Mengangkat PNS biasa dan guru itu berbeda. PNS guru harus ada kriterianya, tidak bisa sembarangan," kata Anies.

Menurut dia, hal itu perlu di­lakukan karena guru merupakan pencetak generasi muda. Saat ini pertumbuhan siswa di Indonesia mencapai 17 persen. Sementara untuk guru PNS 23 persen.

Untuk guru honorer pening­katannya bisa mencapai 800 persen. Untuk kategori Sekolah Dasar rasio guru dan murid 1:11. Jumlah ini dirasa Anies sudah cukup.

Salah satu yang menjadi pe­nyebabnya adalah penerimaan guru honorer di daerah yang cukup banyak. Kebanyakan dari guru ini berharap mereka dapat diangkat menjadi PNS. Padahal, pemerintah daerah tidak dapat mengangkat. "Sekarang kementerian pember­dayagunaan negara jadi ke­limpahan," ujar dia.

Anies juga menawarkan guru honorer untuk diangkat men­jadi PNS, tetapi dengan syarat ditempatkan di daerah lain yang kekurangan guru. Namun, ke­banyak dari mereka enggan dengan penawaran ini lantaran tak ingin pindah.

Selain itu, Anies juga mengaku telah meningkatkan kesejahteraan dan kapasitas guru honorer. Caranya dengan pening­katan alokasi anggaran mencapai lebih dari 100 persen.

"Insentif yang bukan PNS, yang dialokasikan anggaran­nya tahun lalu 43 ribu guru. Tahun ini menjadi 108 ribu guru. Anggarannya dari Rp 155 miliar di 2015, sekarang menjadi Rp 389 miliar. Peningkatannya lebih dari 100 persen," kata Anies.

Anies menambahkan, pihaknya juga melakukan pening­katan kapasitas guru honorer dengan pendidikan. Selain itu, ada juga pelatihan bagi guru swasta dengan program Guru Pembelajar.

"Untuk guru pembelajar tahun ini menjangkau 451 ribu guru dengan anggaran Rp 865 miliar, ditingkatkan dari 2015, yang anggarannya Rp 262 miliar un­tuk 131 ribu guru," bebernya.

Sementara Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) mengupayakan jalan keluar untuk mengakomodasi tuntutan tenaga honorer kategori dua (K2) yang ingin diang­kat jadi calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Menurut Kabiro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kemenpan RB Herman Suryatman, masih ada beberapa aternatif yang bisa ditawarkan untuk menyelesaikan persoalan pengangkatan status tenaga honorer K2. Yakni, mengikutsertakan tenaga honorer K2 yang berusia di bawah 35 tahun dalam tes CPNS, lalu untuk tenaga honorer K2 yang berusia di atas 35 tahun dapat mengikuti tes menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). "Itu dua alternatif yang secara yuridis bisa diper­timbangkan," ujarnya.

Herman menjelaskan, dua alternatif tersebut dapat diper­timbangkan karena sejalan dan tidak bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Dalam undang-undang terdapat dua jenis pegawai pe­merintah yaitu PNS dan P3K. Perbedaannya, PNS adalah pe­gawai pemerintah permanen sementara P3K lebih bersifat kontraktual.

"Sebetulnya, kalau merujuk pada UU ASN maka itu alternatif solusinya. Mungkin nanti bisa dipikirkan bagaimana diberikan afirmasi tapi tetap pada koridor hukum," bebernya.

Diketahui, saat ini proses re­krutmen CPNS mengacu pada Undang-Undang ASN. Dalam undang-undang tidak mengatur pengangkatan CPNS secara otomatis, sebab setiap warga negara mempunyai kesempatan yang sama dan harus mengikuti seleksi untuk menjadi CPNS.

"Jadi tidak mungkin pemerintah mengangkat dengan serta merta siapa pun warga negara tanpa prosedur dan mekanisme sesuai undang-undang," imbuh Herman.

Sumber : www.rmol.co

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, mudah-mudahan ada manfaatnya. Terima kasih sudah berkunjung.
LIKE & SHARE
loading...

0 Response to "HOT NEWS : MENTERI ANIES ENGGAN ANGKAT CALON PNS GURU"

Posting Komentar